Teknik Cara Memilih Bibit Indukan Jangkrik

Teknik Cara Memilih  Bibit Indukan Jangkrik

Jenis jangkrik alam adalah jangkrik yang terbaik buat bibit induk, dan jenis Jangkrik ini bisa didapatkan di alam bebas, contohnya di sawah atau di tegalan, di semak-semak, atau di hutan-hutan.  Buat mendapatkan jangkrik yang bisa menjadi induk yang sehat dan kuat,  dan benar-benar sudah dewasa atau siap kawin.  Adapun ciri-ciri fisik jangkrik jantan dan betina yang sudah dewasa  ialah sebagai berikut.



1. Jangkrik Jantan

Ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh jangkrik jantan sebagai berikut:
a. memiliki tubuh pendek dan besar;
b. memiliki sayap punggung kasar;
c. tidak memiliki ovipositor.

2. Jangkrik Betina

Ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh jangkrik betina adalah sebagai berikut:
a. memiliki tubuh ramping dan panjang;
b. memiliki sayap punggung halus dan mengkilat;
c. memiliki ovipositor hitam kaku.

Beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam pemilihan jangkrik untuk calon induk adalah sebagai berikut.

a. Secara fisik jangkrik yang sehat dan kuat adalah gerakannya gesit dan jika disentuh atau dipegang akan meronta. Kelengkapan fisik seperti, kaki, sungut ( antena ) dan jarum penyuntik telur ( ovipositor ) merupakan prioritas utama.

b. Pilihlah jangkrik yang memiliki tubuh yang keras dan tidak lunak. Jika dipegang lemas, biasanya jangkrik tersebut gerakannya kurang gesit karena banyak mengandung cairan. Itu pertanda bahwa jangkrik tersebut tidak sehat atau bahkan akan mati.

c. Pilihlah jangkrik betina yang mempunyai ovipositor utuh, berwarna hitam, dan kaku. Jangan memilih jangkrik betina yang ovipositornya masih berwarna terang/putih karena yang berwarna terang pertanda bahwa jangkrik tersebut belum siap untuk dikawinkan.

d. Berumur 60 – 80 hari dengan tanda sudah mempunyai sayap yang sudah lengkap.

Kriteria tersebut di atas merupakan  pilihan lain buat penentuan bibit jangkrik yang siap buat ditangkarkan atau diternakkan. Akan tetapi, kadang-kadang sangat sukar buat memperoleh jangkrik yang benar-benar seperti kriteria tersebut. Kita kadang-kadang mendapatkan beberapa anggota badan yang tidak lengkap, misalnya kaki belakang tidak utuh ( Jw: gothang), sungut ( antena ) putus, dan ovipositornya patah atau bengkok. Hal ini sering dialami oleh peternak jangkrik yang menangkap jangkrik di alam bebas secara tidak benar. Oleh karena itu, Jika kita menangkap jangkrik di alam bebas harus dikerjakan dengan hati-hati supaya anggota badan jangkrik tersebut tetap utuh. Kriteria khusus sebagai bahan pertimbangan untuk memilih jangkrik betina yang akan dijadikan induk adalah ovipositornya masih utuh dan memiliki warna hitam kaku.