Teknik Memberi Ayam Makanan Yang Benar

Teknik Memberi Ayam Makanan Yang Benar

Pada postingan ini admin tani ternak dan budidaya hendak membagikan teknik memberi makanan pada ayam supaya ayam dapat tumbuh dengan sempurna. Ayam juga membutuhkan makanan yang berkualitas tinggi supaya tumbuh dengan sehat. Makanan yang didalamnya terkandung nutrisi seimbang bisa didapatkan dari toko pakan ayam atau koperasi. Berikan pakan “starter” buat anak ayam selama tiga minggu pertama dan  lalu disambung dengan “grower” sampai berumur 10 minggu. Buat ayam petelur, berikan pakan “developer” pada usia10 sampai 20 minggu. Sesudah lewat 20 minggu, berikan makanan “laying mash” supaya bisa menghasilkan tingkat produksi telur yang tinggi agar kualitas telur  juga baik.

yang harus dihindari adalah pemberian pakan tambahan selain pakan seperti yang disebutkan di atas. Menu pakan starter, grower, developer, dan layer diformulasikan dan dirancang sebagai satu-satunya pakan buat asupan ayam. Jikalau makanan tambahan diberikan, ayam cenderung untuk mengurangi mengkonsumsi pakan komplit yang seharusnya dengan adanya makanan tambahan tadi, dan akhirnya mereka tidak menerima jumlah asupan yang seharusnya. Karena itu ayam menjadi kekurangan gizi dan tingkat pertumbuhannya  maupun produksi telurnya akan menurun, lalu berlanjut ke tingkat kematian yang tinngi.

Berikan ruang pakan yang luas. Semua anak ayam pada tingkat awal membutuhkan 2,5 cm ruang pakan. Kebutuhan ruang pakan ini akan meningkat sejalan dengan pertumbuhannya. Berikan satu atau dua tempat pakan berukuran 120 cm buat tiap 100 ekor anak ayam untuk 3 minggu pertama. Sesudah lewat waktu tersebut, berikan tiga atau empat tempat pakan berukuran 120 cm untuk tiap 100 ekor anak ayam.

Tidak membuang-buang makanan. Tiga per empat atau lebih dari biaya produksi ternak ayam merupakan biaya buat makanannya. Jangan pernah mengisikan pakan melebihi setengah dari isi tempat pakan, sebab anak ayam akan mengaisnya sehingga pakan akan berhamburan ke alas kandang dan akhirnya terbuang percuma. Dan penahan tampias pada tempat pakan dijaga supaya berada pada tempatnya buat mengurangi penghamburan pakan dan mencegah terjadinya kontaminasi. Naikkan ketinggian tempat pakan disesuaikan dengan pertumbuhan anak ayam. Bibir tempat pakan mesti berada sama tingginya dengan punggung anak ayam.

Jangan biarkan kehadiran ayam jantan yang tidak direncanakan mengurangi kesempatan tumbuh pada ayam petelur. Ayam jantan merupakan ayam broiler yang baik buat dikonsumsi pada waktu berumur 7 sampai 9 minggu. Memisahkan ayam jantan dengan sendirinya akan mengurangi jumlah pengeluaran biaya buat pakan. Jika yang dibutuhkan ialah ayam petelur, maka untuk peliharaan ayam berikutnya sebaiknya membeli anak ayam yang baru dientaskan dalam keadaan telah dipilih jenis kelaminnya. Apabila membeli dalam keadaan campuran. ayam jantan baru bisa diketahui sesudah berumur 6 minggu dan rencanakan buat menjualnya sesudah tercapainya ukuran yang kita mau.