Info Jenis Ayam Negri Untuk Di Ternakan

Jenis Ayam Negri Untuk Di Ternakan

Pada kali ini admin blog akan membahas cara membesarkan Ayam negri,  Jenis atau trah ayam merupakan suatu family maupun ras dari ayam yang mempunyai ciri-ciri yang sama pada umumnya dalam hal bentuk, ukuran,   maupun profil, dan pembawaan. Seluruh ayam dalam satu trah pasti mempunyai karakteristik yang sama yakni: warna kulit, trah ini selanjutnya dibagi ke dalam beberapa golongan. golongan ayam yang sudah banyak dibudidayakan biasanya diberi nama yang terkait dengan tempat asal muasalnya, contohnya Asiatic, American, UK, Australian, dan sebagainya.

Buat memulai usaha kecil-kecilan pada bidang pemeliharaan ayam, ada tiga jenis trah yang dapat dipilih berdasarkan tujuan pembiakannya, yakni: ayam pedaging, ayam petelur atau ayam potong buat  2 jenis tersebut. Berikut adalah penjelasannya :

Ayam petelur : Ayam ini bentuknya relatif lebih kecil. Produksi telurnya antara 250 sampai 280 butir per tahun. Telur pertama dihasilkan ketika usianya 5 bulan dan akan terus menghasilkan telur hingga usianya mencapai 10 - 12 tahun. Biasanya, produksi telur yang terbaik akan didapatkan pada tahun pertama ayam mulai bertelur. Produksi telur pada tahun-tahun selanjutnya cenderung akan terus menurun.

Ada 2 pilihan buat ayam petelur ini yang dibedakan dari warna telurnya, yakni:
  • Telur berwarna putih
    Ayam petelur dengan telur berwarna putih yang terbaik ialah dari Jenis ras Leghorn. Hanya saja ayam ini sering terbang dan sangat berisik. Jenis ras lainnya yang menghasilkan telur putih diantaranya ialah Minorcas,  Anconas, dan California White.

  • Telur berwarna coklat
    Sedangkan ayam peterlur dengan telur berwarna coklat yang terbaik ialah dari trah ras Produksi merah. Ayam hibrida ini  merupakan hasil perkawinan silang dari ayam petelur Rhode Islands Red dan New Hampshire. Sedangkan ayam ras Rhode Islands Red dan New Hampshire sendiri sudah tergolong sebagai ayam petelur yang baik dalam menghasilkan telur berwarna coklat.

Ayam pedaging : Ayam silang Cornish Rock merupakan ayam pedaging  jenis  yang terbaik pada waktu ini. Ayam ini adalah hasil kawin silang antara  Cornish dan Plymouth Rock. Ayam pedaging lainnya yang tergolong baik ialah dari jenis ras Brahmas, Cochins, dan Cornish. Ayam pedaging yang baik  ialah ayam yang mengkonsumsi dua kilogram makanan buat menghasilkan satu kilogram berat tubuhnya. Ayam betina biasanya djual ke pasar ketika beratnya mencapai antara satu tiga per empat kg sampai dua setengah kg sedangkan ayam jantan antara tiga kg sampai empat kg. Ayam yang semakin cepat pertumbuhannya maka semakin ekonomis buat dipelihara.

Demikianlah tips tentang jenis-jenis ayam untuk diternakan. semoga berguna.