Teknik Cara Berternak Ayam Negri


Yang harus dipersiapkan sebelum Anak Ayam tiba

Peternak harus membiasakan diri untuk beli anak ayam yang berkualitas sesuai keperluan. Buat ayam petelur, belilah anak ayam betina yang  sudah diseleksi kelaminnya. Buat jenis rasnya coba pilih Leghorn atau Rhode Island Red atau ayam lainnya yang masuk dalam katagori sebagai ayam petelur yang unggul. Buat broiler atau ayam pedaging, supaya lebih murah harganya, pilihlah anak ayam yang belum diseleksi kelaminnya. Untuk jenis rasnya pilihlah Plymouth Rock atau ayam pedaging yang bernilai jual lainnya.

Jika anak ayam dibeli dari perusahaan peternakan ayam, mintalah sekalian divaksinasi terhadap penyakit Marek. Vaksinasi ini sebaiknya dilaksanakan segera sesudah anak ayam dientaskan supaya sepanjang hidupnya bisa mencegah ayam dari serangan penyakit Marek yang sangat mematikan.

Barang bekas berupa kotak kayu yang besar bisa dibuat sebagai kandang anak ayam. Buatlah lubang disisinya buat memasukkan kabel lampu. Lampu 60 Watt di dalam kandang akan memberikan panas yang cukup pada anak ayam dan pada umumnya mereka akan mencari sendiri posisi yang paling nyaman. 

diusahakan supaya lampu tidak menyentuh kandang buat menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran. Sebagai alas atau talam (litter) dalam kandang bisa dipergunakan kulit gabah atau butiran strowbur (plastik busa) yang masih baru dengan ketebalan antara 10 sampai 15 cm. Kandang yang baik untuk anak ayam ialah bila suhu di sisi luar sebelah bawah kandang berkisar antara 30 sampai 32ÂșC. 

Sebilah papan atau anyaman kawat setinggi kurang lebih 60 cm dari dasar kandang dipasang sebagai penghalang anak ayam dari sumber panas. Ventilasi kandang adalah suatu yang sangat penting dalam menentukan tinggi rendahnya suhu di dalam kandang. Beberapa ventilasi sebaiknya disediakan penutupnya. 

Pada musim hujan, seluruh ventilasi yang menghadap pada arah angin masuk terutama yang dekat lantai hendaknya ditutup. Sedangkan pada musim kemarau, bukalah ventilasi selebar-lebarnya supaya udara segar masuk sebanyak-banyaknya.

Pemakaian kipas kipas mesti dihindari sebab bisa memicu ayam menjadi sakit. Disamping penyakit stres, ayam yang berada dalam tempat yang terlalu panas disebabkan sistem ventilasi yang buruk, akan tidak mau makan atau minum secara normal. Akibatnya ayam akan cacat dan untuk ayam petelur tidak akan tumbuh dengan baik atau kerdil.

Kandang harus aman dari gangguan kucing, tikus, serta binatang pemangsa lainnya. Periksa juga atapnya apakah tidak bocor bila hujan turun. Sebelum anak ayam tiba, Anda harus yakin betul bahwa Anda telah siap menerimanya. Kandang dan semua peralatan sudah dibersihkan dan disemprot anti hama. 

Dan haruslah pekerjaan itu telah selesai beberapa hari menjelang anak ayam tiba sehingga kandang benar-benar sudah kering ketika anak ayam tiba.