Info Cara Mengelola Ayam Petelur


Info Cara Mengelola Ayam Petelur

Bagaimana cara mengelola ayam petelur supaya produksi telur yang dihasilkannya pun meningkat, proses pengelolaan ayam petelur yang baik  merupakan suatu hal yang sangat penting buat mendapatkan tingkat penghasilan telur yang tinggi. Jikalau ayam petelur tumbuh sebagai sumber penghasilan yang menguntungkan, maka mereka harus tumbuh terus sepanjang masa perkembangannya. Pedoman berikut ini bia menolong dalam mensukseskan proses pertumbuhan dan perkembangan ayam petelur selama masa pertumbuhannya:
  • RUANGAN yang dibutuhkan : buat setiap 100 ayam petelur mest mempunyai ruang antara 25 m2 sampai 100 m2. Sediakan 0,2 sampai 0,3 m2 per ayam jika dibiarkan tumbuh di luar kandang.
  • Pakan ayam : Sediakan pakan penumbuh (growing mash) yang baik di depan ayam sepanjang waktu. Jenis makanan yang lengkap dari pabrik pada umumnya sudah mengandung semua asupan yang dibutuhkan. Pengoplosan pakan dengan menambahkan pakan dari luar (contohnya jagung) bisa memicu terjadinya ketidak-seimbangan yang pada akhirnya hasil yang didapat akan mengecewakan.
  • Minuman :  Pada waktu pertumbuhannya ayam petelur akan banyak minum dan memerlukankan banyak air buat menjaga pertumbuhan yang normal. Air harus tetap segar dan dingin. Air mancur dijaga supaya senantiasa dalam keadaan yang baik dan selalu dibersihkan setiap hari.
  • Atap : Pada musim panas, ayam petelur akan merasa lebih nyaman jika diberi tempat meneduh.
  • Pisahkan tempat ayam petelur muda dari yang lebih tua :Ini akan membantu mengurangi kemungkinan tersebarnya penyakit dari induk ayam yang lebih tua ke yang lebih muda.
  • Tempat berteduh :  Cukup sediakan satu tempat berteduh yang berukuran 3 x 4 meter untuk tiap 100 sampai 125 ayam petelur.
  • Mencegah parasit : Ayam petelur bisa saja terkena penyakit cacing. Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, terdapat sejumlah obat yang  bisa dipakai dalam mencegah parasit pada ayam yang datangnya dari dalam. Dengan pengelolaan dan sanitasi yang baik bisa menolong mengurangi terjangkitnya parasit. Periksalah beberapa ayam petelur dari waktu ke waktu untuk parasit yang datangnya dari luar seperti kutu ayam.
  • Lindungi ayam dari predator : Yakinkan bahwa binatang pemangsa tidak bisa memasuki bangunan tempat ayam tidur di malam hari.
Ketika ayam petelur sedang tumbuh merupakan waktu yang paling baik  buat membentuk berat tubuhnya yang baik, kuat dan penuh vitalitas. Waktu yang paling kritis selama hidupnya ayam petelur ialah selama masa pertumbuhannya. Jikalau Anda menginginkan ayam yang memberikan keuntungan, maka perhatikan bahwa mereka berkembang dengan baik selama masa pertumbuhannya.