Padi Sehat Tanpa Kresek Dengan Corynebacterium



Halo para  petani!! Wabah penyakit kresek, yang nama lainnya adalah hawar daun bakteri (BLB) pada tanaman padi sudah membuat resah para petani di tanah air. Sepertinya kini hama kresek sudah jadi penyakit utama pada tanaman padi. Kerugian yang diakibatkan oleh serangan kresek tidak main-main, mampu mencapai 75 % dari hasil panen.

Belum mengertinya petani tentang penyakit kresek ini menjadi suatu masalah buat proses pengendaliannya. Berbagai cara pengendalian secara kimia dikerjakan petani akan tetapi banyak yang belum memperoleh hasil yang optimal. 
Padahal ada cara organik yang cukup efektif buat mengendalikan penyakit kresek ini (keefektifannya mampu mencapai 80%).

Salah satu pengendali kresek yang telah teruji dalam berbagi di daerah kita di daerah banyumas ialah dengan memakai agensi hayati Coryne bacterium sp. Selain harganya sangat murah Coryne bacterium sp juga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Coryne bacterium sp. yang adalah salah satu agens hayati bersifat antagonis bisa mengendalikan beberapa jenis penyakit tanaman. Yang paling utama Coryne bacterium sp. dapat mengendalikan penyakit kresek pada tanaman padi yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas campestris pv oryzae.

Adapun penyakit tanaman lain yang dapat dikendalikan oleh agens antagonis Coryne bacterium sp adalah penyakit bercak daun pada jagung, penyakit bengkak akar pada kubis, dan penyakit bakteri layu pisang

Bakteri ini berbentuk batang, jenis gram positif. Koloninya berwarna putih kotor, dan di bawah lampu ultra violet tidak bereaksi. Kemampuan bakteri ini dalam menekan penyakit Kresek (BLB) mencapai 80 persen.

Sasaran bakteri Coryne bacterium sp.

Bakteri ini efektif buat mengendalikan penyakit Kresek (BLB) yang dipicu oleh Xanthomonas campestris pv oryzae, Hawar Daun Jingga (BRS) yang disebabkan oleh Pseudomonas sp pada tanaman padi, bercak daun Helminthosporium sp dan Cercospora sp pada tanaman jagung, penyakit akar gada (Plasmodiophora brassicae) pada tanaman kubis, juga penyakit layu bakteri (Ralstonia solanacearum) pada tanaman pisang.

Bila ada yang memerlukan bakteri corine (Coryne bacterium) yang siap digunakan pada tanaman padi,  admin akan menunjukan siapa yang menyediakan, tersdia dalam kemasan botol air mineral 600 ml dengan harga hanya Rp.12.500/ botol . Atau mau kemasan yang lebih murah, 5 Liter hanya 75.000 dan 25 liter hanya 250.000. Anda bisa kontak maspary melalui HP 08122630297.

Disadur dari : gerbang pertanian