Dapatkah Tomat Rontok Gara-Gara Disemprot Pestisida


Dapatkah Tomat Rontok Gara-Gara Disemprot Pestisida - Salam pembaca yang budiman, Beberapa petani mempunyai pendapat jika tanaman pada waktu berbunga tidak boleh disemprot dengan pestisida ataupun pupuk cair sebab bisa menimbulkan kerontokan bunga dan buah. Hal tersebut adalah pendapat yang masuk akal dan bisa saja terjadi..

Sehingga ada pertanyaan yang masuk melalui admin tani ternak budidaya mengenai hal tersebut

Pertanyaan :
Min, Pada tomat yang sudah besar apakah disemprot pertisida ataupun pupuk daun dapatkah menyebabkan kerontokan buah dan daun ?

Jawaban dari admin:

Jika secara reaksi biokimia sebetulnya tidak memungkinkan kerontokan buah dan daun ditimbulkan oleh penyemprotan pestisida ataupun pupuk daun. asalkan pemakaian pestisida maupun pupuk daunnya sesuai dengan rekomendasi pemakaian.

Yang dapat memicu kerontokan daun, bunga dan buah tanaman tomat maupun yang lain adalah jika konsentrasi yang dipakai melebihi anjuran. Selain itu kerusakan juga bisa disebabkan secara mekanik karena cara penyemprotan yang sembarangan sehingga ujung sprayer menyenggol calon bunga maupun calon buah. Dapat juga terjadi kerontokan bila disemprot dengan menggunakan mist blower (sprayer bertekanan tinggi) sehingga hempasan cairan pestisida terlalu keras sehingga merontokkan bunga dan buah muda (pentil).

Admin mengucapkan semoga pertanyaan dan jawaban diatas tentang hal kerontokkan bunga, buah dan daun tomat dapat berguna buat kita semua.